MANFAAT PENGGUNAAN ALKITAB BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KEROHANIAN ANAK FUTURE CENTER USIA 7-9 TAHUN DI BULUH AWAR

Romini Romini(1*), Ida Destariana Harefa(2),

(1) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu PESAT
(2) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu PESAT Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan spiritual anak-anak Future Center berusia 7-9 tahun di Buluh Awar masih belum berkembang dengan baik, karena beberapa faktor antara lingkungan keluarga dan layanan guru Future Center yang masih monoton. Pembelajaran yang kurang menarik terutama ketika melakukan kegiatan pengembangan spiritual,seperti guru hanya bercerita dan tidak menggunakan alat peraga. Sehingga penelitian ini berjudul "Manfaat menggunakan Alkitab bergambar pada perkembangan spiritual anak-anak Future Center berusia 7-9 tahun di Buluh Awar". Dengan rumusan masalahnya: Bagaimana cara menggunakan , Bagaimana perkembangan spiritual anak-anak Future Center, dan apakah manfaat menggunakan Alkitab bergambar bagi perkembangan rohani anak-anak masa future center di Buluh Awar? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Dari hasil pengamatan dan wawancara, setelah penggunaan Alkitab bergambar, Spiritualitas anak dapat berkembang dengan baik lewat penerapan penggunaan Alkitab bergambar, dapat diperoleh melalui pengamatan dengan kriteria: kategori tidak berkembang 0 , cukup berkembang 1 anak , berkembang 6 anak termasuk dan 10 kategori anak-anak yang sangat berkembang. Hasil dari wawancara tentang manfaat penggunaan Alkitab bergambar untuk perkembangan spiritual anak-anak di Future Center berusia 7-9 tahun di Buluh Awar menemukan bahwa lebih mudah bagi anak-anak untuk membaca dan memahami Firman Tuhan, belajar manfaat dari Alkitab bergambar untuk perkembangan spiritual, tidak monoton, serta spiritualitas yang berkembang mempengaruhi nilai karakter dari anak-anak. Dari pencapaian ini menunjukkan bahwa hasil akhir penelitian tentang manfaat penggunaan Alkitab bergambar terhadap kerohanian anak usia yaitu anak mampu memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan spiritual anak.

Full Text:

PDF

References


Beaumont, Emilie. 2018. Eksiklopedia Junior Alkitab. Jakarta: BPK. Gunung Buana Ilmu Populer

Bob, Hartman. 2008. Cerita Alkitab Anak Kreatif. Jakarta: PT. BPK. Gunung Mulia

Budiarjo, Tri. 2011. Pelayanan Anak Yang Holistik. Yogyakarta: ANDI

Gagas, Sih. 2010. Saat Teduh Khusus Setahun 365 Hari Menjadi Murid Sejati Kristus. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Halim, Makmur, 2003, Model-Model Penginjilan Yesus, Jawa Timur: Gandum Mas

Hanaco, Indah. 2012. Home Schooling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Laufer, Rut, et al. Pedoman Pelayanan Anak. Surabaya: Bahtera Grafika

Lawrence. Kohlberg, Tahap-tahap perkembangan Moral, Yogyakarta: Kanisius.

Makalah Future Center PESAT-Terpadu. 2017.

Rahmad, Arif, Masyur. 2013. Kesalahan-Kesalahan Guru Mengajar. Jakarta: LAKSANA

Tim KTAK Anak Bersinar Bangsa Gemilang Jaringan Peduli Anak Bangsa, 2018, Teologia Anak, PT Gemilang Cendikia

Shelly, Allen, Judith. 2003. Kebutuhan Rohani Anak. Bandung: Yayasan Kalam Hidup

Sugiyono, 2009, Statistik Nonparametris, Bandung : ALFABETA

Sujarweni, Wiratna V. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Wijanarko, Jarot, et al. berani Mendisiplinkan Anak. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership