Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Generasi Alfa dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial

Canny Christine(1*), Karnawati Karnawati(2), Debora Nugrahenny C(3),

(1) STT Baptis Indonesia
(2) STT Baptis Indonesia
(3) STT Baptis Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Generation Alfa is the generation born in 2010 to 2025 where technological developments have advanced so that everything can be obtained easily. However, children's enjoyment of gadgets causes children to become more self-centered, anti-social and less confident, making it difficult to get along directly and difficult to be sensitive to other people's feelings and withdraw from social groups. In this case, the family has the task of laying the foundation for children's education, including providing basic social education. This study aims to determine the description of children's social skills and parenting patterns of Generation Alpha children (aged 7-10 years) at the Banyumanik Indonesian Baptist Church. This study uses a qualitative design as an approach that fits the existing problems. Based on the results of the study, it was found that most of the children had social skills towards themselves, others, and academic success. Meanwhile, social skills towards the home environment are still minimal. In terms of parenting, most parents apply democratic parenting which includes love, discipline, teaching, and role models. Abstrak Generasi Alfa adalah generasi yang lahir pada tahun 2010 hingga tahun 2025 di mana perkembangan teknologi sudah maju sehingga segala sesuatu dapat diperoleh dengan mudah. Akan tetapi kesenangan anak dengan gawai menyebabkan anak menjadi pribadi yang lebih mementingkan diri sendiri, anti-sosial dan kurang percaya diri sehingga sulit untuk bergaul secara langsung serta sulit untuk peka terhadap perasaan orang lain serta menarik diri dari kelompok sosial. Dalam hal ini, keluarga memiliki tugas sebagai peletak dasar bagi pendidikan anak termasuk memberikan pendidikan dasar sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan sosial anak dan pola asuh orang tua anak Generasi Alfa (usia 7-10 tahun) di Gereja Baptis Indonesia Banyumanik. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif sebagai pendekatan yang sesuai dengan permasalahan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa sebagian besar anak telah memiliki keterampilan sosial terhadap diri sendiri, orang lain, dan keberhasilan akademik. Sedangkan keterampilan sosial terhadap lingkungan rumah masih minim. Dari segi pola asuh, sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis yang di dalamnya meliputi kasih, disiplin, pengajaran, dan teladan.

Keywords


Pola Asuh, Orang Tua, Anak Generasi Alfa, Keterampilan Sosial, Keluarga

References


Agusniatih, Andi, & Monepa, J. M. (2019). Ketrampilan Sosial Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Baskoro, D. (2019). Menjadi Lebih Baik: Parenting Healing (1st ed.). Elex Media Komputindo.

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi, dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi (R. M. S. Putra (Ed.)). An1mage.

Harmadi, M., & Karnawati. (2020). Kurikulum Pendidikan Agama Kristen: Lintasan Menuju Iman yang Purna. Vieka Wahana Semesta.

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Irawan, H., Yahya, K., Tanbunaan, G. I., & dkk. (2018). Dinamika Spiritualitas: Generasi Muda Kristen Indonesia. Yayasan Bilangan Research Center.

Karnawati, & Suseno, A. (2021). Mewartakan Injil pada Anak Usia 0-2 Tahun Menggunakan Metode Pembacaan Alkitab Secara Nyaring di Masa Pandemi. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3. https://www.e-journal.stajember.ac.id/index.php/kharismata/article/view/58/pdf

Kasiati, R. I., & Keriapy, F. (2020). ANTUSIAS: Jurnal Teologi dan Pelayanan. 6(2), 121–134. https://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/617/218

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Modul Mendidik Anak di Era Digital. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial. Prenadamedia Group.

Laible, D. J., Carlo, G., & Padilla-Walker, L. M. (2019). “The Oxford Handbook of Parenting and Moral Development.” Oxford University Press.

Manurung, K. (2021). Mencermati Arti Penting Penggunaan Bahasa Cinta Anak dalam Keluarga Kristen di Era 5.0. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 53–70. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.53

McCrindle. (2020). Why We Named Them Gen Alpha. Mccrindle.Com.Au. https://mccrindle.com.au/insights/blogarchive/why-we-named-them-gen-alpha/

Merrell, K. W., & Gimpel, G. A. (2014). Social Skill of Children and Adolescents. Psychology Press.

Musman, A. (2020). Seni Mendidik Anak 4.0. Psikologi Corner.

Santosa, E. T. (2015). Raising Children in Digital Era. Elex Media Komputindo.

Santoso, E. (2017). Millenial Finance (1st ed.). Grasindo.

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Prenadamedia Group.

Suwarno, D., & Dkk. (2018). Perzpective: Social Techno Outlook on Life Characteristic. Universitas Katolik Soegijapranata.

Tridhonanto, A., & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Elex Media Komputindo.

Wiriadinata, S. (2014). Orang Tua Idaman: Memahami Harapan Anak terhadap Orang Tua. Lembaga Literatur Baptis.




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Canny Christine, Karnawati Karnawati, Debora Nugrahenny C

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.