Peranan Pendidikan Agama Kristen Menangani Masalah Ekologi

Simon Simon(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


This article reviews how to base Christian Religious Education on ecological problems. This topic is needed to be discussed because Christianity is often seen as not paying attention to ecological problems. Christianity is considered to be more dominant in paying attention to doctrinal than on ecological issues. Christian religious educators as cognitive and moral stewardship of students are expected to contribute to landing PAK (Christian Education) on the ecological problems that occur. The method used in this paper is descriptive qualitative with a literary approach. The description of this article shows how the role of PAK is seen in ecological problems, of course, PAK teachers teach and develop paradigms of ecological problems among students. PAK teachers teach intermittently about ecological issues with full creativity. The PAK teachers themselves became aware of the actual actions being taken. This issue is important to pay attention to or analyze, so that humans have full awareness in maintaining their environment, so as not to leave a damaged natural heritage in the next generation.

Abstrak

Artikel ini mengulas bagaimana mendaratkan Pendidikan Agama Kristen pada permasalahan ekologi. Topik ini perlu dibahas karena kekristenan sering dianggap tidak peduli pada masalah-masalah ekologi. Kekristenan dianggap lebih dominan memberi perhatian pada pengajaran dokrinal iman dibandingkan mengenai permasalahan ekologi. Pendidik Agama Kristen sebagai penata kognitif dan penata moralitas nara-didik, diharapkan dapat berkontribusi bagaimana mendaratkan PAK pada permasalahan ekologi yang terjadi. Metode yang digunakan pada tulisan ini tentunya deskriftif kualitatif dengan pendekatan literatur. Uraian dari dari artikel ini bagaimana peran PAK terlihat dalam permasalahan ekologi, tentunya pendidik PAK mengajarkan dan membangun paradigma permasalahan ekologi bagi nara-didik. Pengajar PAK mengajarkan secara berkesinam-bungan mengenai permasalahan ekologi dengan penuh kreativitas. Diri pengajar PAK menjadi teladan dengan adanya tindakan yang nyata diperbuat. Masalah ini penting untuk diperhatikan atau ditelaah, supaya manusia memiliki kesadaran yang penuh dalam menjaga lingkungannya, agar tidak meninggalkan warisan alam yang rusak kepada generasi yang akan datang.


Keywords


Ekologi, Pendidik, Agama Kristen, Nara-didik

References


Ribu Ha Hutan Papua Dibakar untuk Sawit, Komisi IV Akan Panggil KLHK. (n.d.).

Ahmad Arif. (2010). Hidup Hirau Hijau Langkah Menuju Hidup Ramah Lingkungan. Kepustakaan Populer Gramedia.

Ahmad Khoirul Fata. (2017). The Theological Basis of Ecological Dakwah. Jurnal Bimas Islam, 10(2).

Andreas, & Putra, M. (2020). PERTOBATAN EKOLOGIS DA N GAYA HIDUP BARU DALAM RELASI NYA DENGAN SEMESTA. STULOS, 18(1).

Angkouw, S. R., & Simon, S. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 29–44.

Arif Budiyono. (2001). Pencemaran Udara: Dampak Pencemaran Udara Pada Lingkungan. Dirgantara, 2(1).

Bonde, I. B. (2020). Kembali ke Akar: Pendidikan Kristen dalam Menghadapi Isu Perubahan Iklim, Perang, dan Keterbatasan Akses Pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 196–213. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.46

Dedy Mulyana. (2002). No Metode Penelitian. Rosdakarya.

Dian Felicia Nanlohy. (2016). MANUSIA DAN KEPEDULIAN EKOLOGIS. KENOSIS, 2(1).

Emzir. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. PT Raja Frafindo Persada.

Frets Keriapy. (2019). Ekologi Dalam Perspektif Iman Kristen: Mengungkapkan Masalah Ekologi Indonesia. SIAP, 7(1).

Gaduh, A. W. (2020). TUMPEK BUBUH DALAM PERSPEKTIF TEO-EKOLOGI HINDU. Sphatika: Jurnal Teologi, 11(2), 154–167.

Hahn, S. (2002). First Comes Love: The Family in the Church and the Trinity. Darton Longman & Todd.

Herlina, N. (2017). Permasalahan lingkungan hidup dan penegakan hukum lingkungan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 3(2), 162–176.

Idayati, R. (2007). Pengaruh Pemanasan Global (Globat lWarming) Terhadap Lingkungan Dan Kesehatan. JURNAL KEDOKTEMN SYIAH KtlAL,A, 7(1).

J. S. BADUDU. (2009). KAMUS- KATA-KATA SERAN ASING DALAM BAHASA INDONESIA. PT KOMPAS MEDIA NUSANTARA.

Kalampung, Y. O., Awumbas, A., & Londok, H. A. (2020). KISAH TAMAN EDEN SEBAGAI GAMBARAN IDEAL RELASI EKOLOGIS ANTAR CIPTAAN. DA’AT, 1(1).

Kalis Stevanus. (2019). Pelestarian Alam sebagai Perwujudan Mandat Pembangunan: Suatu Kajian Etis-Teologis. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 5(2).

Keraf, S. (2014). Filsafat Lingkungan Hidup: Alam Sebagai Sebuah Sistem Kehidupan. Kanisius.

Maman Abdurahman, Sambas Ali Muhidin, A. S. (2011). Dasar-Dasar Metode Statistika untuk Penelitian. CV Pustaka Setia.

Moh. Miftahul Choiri. (2017). UPAYA PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANAK. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, 8(1).

Muh. Syamsuddin. (2017). KRISIS EKOLOGI GLOBAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Sosiologi Reflektif, 11(2).

Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam Dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 237–258.

Peran WHO dalam Membantu Pemerintah Indonesia. (n.d.).

Robert Patannang Borrong. (2019). KRONIK EKOTEOLOGI: BERTEOLOGI DALAM KONTEKS KRISIS LINGKUNGAN. STULOS, 17(2).

Safrilsyah. (2014). AGAMA DAN KESADARAN MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP. Substantia, 16(1).

Silva S. Thesalonika Ngahu. (2020). MENDAMAIKAN MANUSIA DENGAN ALAM: KAJIAN EKOTEOLOGI KEJADIAN 1:26-28. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 2(2).

Sozawato Telaumbanua. (2020). PAK GEREJA DALAM KONTEKS LINGKUNGAN HIDUP SUATU REFLEKSI TERHADAP MARKUS 16:15. Jurnal Shanan, 4(1).

Stephen Tong. (2008). Arsitek Jiwa II. Momentum.

Talizaro Tafonao. (2018a). PERAN GURU AGAMA KRISTEN DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI ERA DIGITAL. Journal BIJAK, 2(1).

Talizaro Tafonao. (2018b). PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA TERHADAP PERILAKU ANAK. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2).

Vivi Triana. (2 C.E.). PEMANASAN GLOBAL. Kesehatan Masyarakat Andalas, 2.

Yohanes Hasiholan Tampubolon. (2020). REFLEKSI KEPEDULIAN INJILI PADA ISU LINGKUNGAN HIDUP. STULOS, 18(1).

Yosef Irianto Segu. (2016). CINTA EKOLOGIS DALAM PENDEKATAN ESTETIKA TEOLOGIS KRISTIANI. Melintas, 32(2).

Zainuddin Maliki. (2011). AGAMA DAN LINGKUNGAN HIDUP. Jurnal Salam, 14(1).




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/