Fenomena Pengasuhan Model Tiger Mom dan Elephant Mom Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Anak Usia 6-12 Tahun
(1) SINTA ID: 6735206 (Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu PESAT)
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali, M., Hermawan, R., & Istiqomah, A. N. (2023). Analisis Pola Pengasuhan Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini Di Laman Sahabat Keluarga. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 34–41.
Anurraga, H. H. (2019). Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik usia 6-12 tahun (studi kasus pada program home visit di homeschooling sekolah dolan malang). J+ Plus Unesa, 7(3), 1–8.
Fauziyah, U. S., & Maemonah, M. (2020). Analisis Tiger Parenting bagi Perkembangan Emosional Anak. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 80–90. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.838
Kuswarno, E. (2006). Tradisi fenomenologi pada penelitian komunikasi kualitatif: sebuah pengalaman akademis. MediaTor (Jurnal Komunikasi), 7(1), 47–58.
Lapasau, M., & Othman, A. (2022). Metafora haiwan: kajian perbandingan bahasa Melayu dan bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, 10(1), 162–194.
Magdalena, I., Insyirah, A., Putri, N. A., & Rahma, S. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Rendahnya Pola Pikir Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Sdn Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Nusantara, 3(2), 166–177.
Nasir, A., Nurjana, N., Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4445–4451.
Natalia, C., & Lestari, M. D. (2015). Hubungan Antara Kelekatan Aman Pada Orang Tua Dengan Kematangan Emosi Remaja Akhir di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 78–88.
No Title. (n.d.-a). https://tirto.id/mengenal-apa-itu-pola-asuh-elephant-parenting-atau-ibu-gajah-eyZM
No Title. (n.d.-b). https://kumparan.com/info-psikologi/definisi-elephant-parenting-yang-perlu-diketahui-orang-tua-21Px8gzC7iU
Noengsih, A. (2021). KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP 177 JAKARTA SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Psiko Edukasi, 19(1), 1–10.
Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–16.
Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). PENGANTAR METODE PENELITIAN KEPADA SUATU PENGERTIAN YANG MENDALAM MENGENAI KONSEP FENOMENOLOGI. Ensains Journal, 2(1), 19–24.
Rahardjo, M. (2018). Studi Fenomenologi Itu Apa?
Santoso, G., Hidayat, M. N. S., Asbari, M., & others. (2023). Transformasi Literasi Informasi Guru Menuju Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 100–106.
Sutedjo, L., & others. (2019). Parenting No Drama. Mengasuh Dengan Ilmu, Bukan Sekadar Naluri, Jakarta: VisiMedia.
DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v6i1.270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Eny Suprihatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.