Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen Disela Peluang Dan Ancaman Artificial Intelligence Teknology

Verawati Dosmaria Samosir(1*), Alfred Toh(2),

(1) Sekolah Tinggi Teologi Arastamar Wamena
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


The development of technology and information is increasingly unstoppable, progressing rapidly, one of which is artificial intelligence technology, commonly known as AI. AI technology is designed to be a solution for the future of humanity, making it easier for humans to perform their tasks, thus enabling them to work optimally, efficiently, and productively. Amidst such technological advancements, it will undoubtedly impact the world of employment, including the profession of educators. Based on research conducted, teachers are a profession that is also influenced by AI, both in their teaching and their future as educators. Referring to this, PAK teachers must become educators who are able to collaborate and befriend AI for the sustainability of their profession in the future. This research was conducted using a literature review method through reading, analyzing, and finding relevant information from books, journals, and media according to the research topic. The conclusion drawn from this research is that AI cannot completely replace humans, thus it is humans who must develop themselves, adapt, and befriend AI. PAK teachers are expected to be educators who can adapt, befriend, and implement AI for the sustainability of their profession.

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi semakin tidak terbendung, perkembangannya begitu cepat, salah satunya adalah teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligen Teknology yang biasa dikenal dengan AI. Teknologi AI merupakan teknologi yang dirancang menjadi solusi untuk masa depan manusia, yang memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaanya, sehingga manusia dapat bekerja secara optimal, efisien dan produktif. Ditengah-tengah tantangan kemajuan teknologi yang demikian tentu akan berdampak terhadap dunia ketenagakerjaan, termasuk profesi sebagai pendidik.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Guru merupakan profesi yang turut serta dipengaruhi oleh AI, baik dalam pembelajarannya maupun masa depannya sebagai pendidik. Merujuk kepada hal tersebut, maka Guru PAK harus menjadi guru yang mampu berkolaborasi dan bersahabat dengan AI demi kelangsungan profesinya dimasa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode study pustaka melalui membaca, menganalisa, menemukan informasi yang relevan baik dari buku, jurnal dan media sesuai dengan topik penelitian.  Adapun kesimpulaan dari  penelitian ini disim pulkan bahwa AI tidak dapat menggantikan manusia seutuhnya, maka manusia lah yang harus mengembangkan diri, beradaptasi dan bersahabat dengan AI. Guru PAK diharapkan menjadi guru yang mampu beradaptasi, bersahabat dan mengimplementasikan AI demi kelangsungan profesinya.


References


Aulia, D. D. (2024, Pebruari). Waka MPR Dorong Peningkatan Kompetensi Guru untuk Cetak Generasi Unggul. detikNews.

CNBC. (2024, November 29). Naik Gaji Makin Susah, Ancaman AI Kian Nyata. Cnbcindonesia.Com.

CNBC, R. (2016, April 21). AI Ancam 40% Pekerjaan, Tenaga Kerja Sektor Ini Paling Terdampak. CNBC Indonesia.

Direktorat SMP. (2023, June 8). Mengenal Artificial Inteligence: Teknologi Yang Akan Mengubah Kehidupan Manusia". kemdikbud.go.id.

Hakim, L. (2022, Desember). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Inteligence) Dalam Pendidikan. ppg.kemdikbud.go.id.

Hardiansyah, Z. (2023, November 26). Kelebihan dan Kekurangan Artificial Inteligence yang Perlu Diketahui. KOMPAS.COM.

Ismail, A. (2023, July). Apa itu AI (Artificial Intelligence): Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan. stecom.ac.id.

Koesoema A., D. (2023). Pendidik Karakter Di Zaman Keblinger. PT. Grasindo.

Kurniawan, H. (2023, November 25). Total Guru di Indonesia Capai 3,3 juta, Tapi baru 1.174.377 yang Tersertifikasi. Banten.Akurat.Co.

Natalisa, D. (2023, March 10). Menilik Pemanfaatan Artificil Inttelligence dalam Transformasi Digital Pelayanan Publik. menpan.go.id.

Pantan, F. (2023). ChatGPT dan Artificial Intelligence: Kekacauan atau Kebangunan Bagi Pendidikan Agama Kristen di Era Post Modern. Diegesis Jurnal Teologi, Vol. 8 No 1.

Patria, H. (2024, March 20). Kecerdasan Buatan Kian Tak Terbendung. Kompas.Id.

Prihadi, S. (2023, Desember). Google: 43% Gen Z di Indonesia Sudah Sadar dengan AI di Smartphone.

Pujihastuti, A. (2023, September 10). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Asisten Guru dalam Peningkatan Literasi Digital di Era 4.0. Guruinovatif.Id.

Puspadini, M. (2024, Pebruari). Wah, Bank Indonesia Mulai Memanfaatkan AI. CNBN Indonesia.

Rachmatunnisa. (2023a, November 24). BRIN Beberkan Strategi Kelola Big Data Indonesia dengan AI. Detik.Com.

Rachmatunnisa. (2023b, November 27). Mengenal Cara Kerja AI yang Bikin Manusia Takut Tergantikan. Inet.Detik.Com.

Ranti, S. (2024, March 4). 5 Pekerjaan IT yang Terancam Digantikan Oleh AI. Kompas.Com.

Redaksi, C. (2024, January 17). 10 Profesi ini Duluan Punah Diganti AI, Anda Termasuk? CNBC Indonesia.

Robandi, I. (2019). Artificial Inteligence, Mengupas Rekayasa Kecerdasan Tiruan. ANDI.

Rusdiah, R. (2020). AI and Data Science, Teknplogy, Innovation & Use Cases Indonesia. Perkumpulan Basis Data Indonesia.

Safitri, K., & Djumena, E. (2024, January 16). IMF: Dampak AI, 40 persen Lapangan Kerja di Seluruh Dunia Bisa Hilang. Kompas. Com.

Sardiman. (n.d.). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Sidabutar, H., & Munthe, H. P. (2022). Artificial Intelligence dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, Vol 2. No. 2, 76–90.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Methode. Rajawali Press.

Suhandoko. (2024, April 5). Inilah Masa Depan Peradaban Manusia Menurut Sejarawan dan Penulis Terkenal Yuval Noah Harari. Wisata.Vivz.Co.Id.

Sumardianta, J., & Saraswati, D. P. (2022). Guru Posting Berdiri Murid Update Berlari. DIVA Press.

Tanri, A. (2002). Profesionalisme Vs Politik. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v6i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alfred Toh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.