Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Keteladanan Mahasiswa Dalam Pelayanan Umat Dengan Model IEO (Input-Environment-Outcome) Pada Sekolah Tinggi Teologi Di Kabupaten Semarang

Christyan Dyah Kusumaningrum(1*), Joko Sutarto(2), Heri Yanto(3),

(1) UNNES
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu sarana penting yang membawa individu pada perubahan melalui pengembangan diri. Sekolah Tinggi Teologi (STT) adalah lembaga pendidikan yang mencetak calon-calon pelayan umat. STT harus mampu membekali mahasiswa baik secara kognitif maupun dalam pembentukan sikap. Seiring dengan tuntutan masyarakat yang terus meningkat terhadap kinerja pemimpin umat. Sikap keteladanan merupakan salah satu tuntutan yang harus dimiliki oleh pemimpin umat. Masyarakat memerlukan pemimpin umat yang mampu jadikan sebagai sosok teladan. Penelitian ini mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi sikap keteladanan dalam pelayanan umat pada mahasiswa STT di Kab. Semarang. Mencakup lima variabel yaitu dukungan keluarga, pemenuhan fasilitas belajar, motivasi berprestasi, student engagement dan sikap keteladanan. Dengan mengadakan survei untuk mengumulkan data tentang kelima variabel. Penelitian ini mengumpulkan 175 item data yang dianalisis menggunakan deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh student engagement terhadap sikap keteladanan, terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap sikap keteladanan dalam pelayanan umat, terdapat pengaruh positif motivasi berprestasi terhadap student engagement, terdapat pengaruh pemenuhan fasilitas belajar terhadap student engagement, terdapat pengaruh dukungan keluarga terhadap student engagement, dukungan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap pemenuhan fasilitas belajar, dan terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap pemenuhan fasilitas belajar.

Keywords


Leadership

References


Alhababy, Adel M. “済無No Title No Title No Title” 14, no. 5 (2016): 1–23. (Wiyono, Teguh & Kuncowati, Pengaruh Motivasi Kerja Dan Keteladanan Pemimpin Terhadap Peningkatan Kinerja Awak Kapal. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim, Vol 23, No 1 September 2022)

Aziz, Safrudin. Pendidikan Keluarga: Konsep Dan Strategi. Yogyakarta: Gava Media, 2015.

Cynthia, Lela Camellia, Trisno Martono, and Mintasih Indriayu. “Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS Di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi 01, no. 02 (2015): 1–20.

Feriady, M, and H Yanto. “Developing Students Work Readiness Model on Accounting Program of Vocational High School (VHS) Base on I-E-O Astin Model.” KnE Social Sciences 3, no. 10 (2018): 77. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3120.

Geen, Russell G., and Nathan Brody. “Human Motivation.” The American Journal of Psychology 98, no. 1 (1985): 158. https://doi.org/10.2307/1422777.

Gule, Yusefo. Motivasi Belajar Siswa: Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial Dan Keteladanan Guru. Indramayu: Adab, 2022.

Hermawan, Dennis. “Pengaruh Keteladanan Guru, Reward, Dan Punishment Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Kelas 5 SD.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 13 (2018): 1291–1300.

Koesoema, A. Doni. Pendidikan Karakter Utuh Dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius, 2015.

Moordiningsih. “Integritas Dan Keteladanan Pemimpin (Orang Tua Dan Guru) Dalam Proses Pendidikan Karakter Siswa,” 2016, 1–14.

Mustika, Rida Ayu, and Sulisworo Kusdiyati. “Studi Deskriptif Student Engagement Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Pasundan 1 Bandung.” Prosiding Psikologi, 2015, 244–51.

Panuntun, DF, and Eunike Paramita. “Pemimpin Melalui Pemuridan Kontekstual Sebagai Jawaban Dari Krisis Keteladanan Kepemimpinan.” Kinaa 1, no. 1 (2020): 1–15. http://www.pustakakristen.com/2016/04/analisa-dan-penyelesaian-perpecahan.html.

Saputri, Eka Dewi, and Muhsin Muhsin. “Peran Komitmen Organisasi Dalam Memediasi Pengaruh Variabel Keteladanan Pemimpin, Kompetensi Perangkat Desa, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja.” Economic Education Analysis Journal 7, no. 3 (2019): 1130–47. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28345.

Sofyan, Aulia, Muhammad Adam, and Muhammad Madjid. “Pengaruh Keteladanan Kepemimpinan Dan Penerapan Peraturan Terhadap Disiplin Dan Dampaknya Pada Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya.” Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas

Syiah Kuala 4, no. July 2018 (2015): 11. https://www.researchgate.net/publication/326560862%0APENGARUH.

Ulum, Muhammad Rosikhul, Heri Yanto, and Widiyanto. “Kontribusi Motivasi Berprestasi, IPK Dan Student Engagement Dalam Membangun Kompetensi Mahasiswa Akuntansi.” Journal of Economic Education 6, no. 2 (2017): 106–13. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36864.

Wulandari, Endang Trya, and Muhiddin. “Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, no. 20 (2019): 258–61.

Yanto, Heri, Retnoningrum Hidayah, Ain Hajawiyah, Niswah Baroroh, and Agus Wibowo. “Developing Operational Accounting Competencies during the Pandemic Using Emergency Online Learning.” Cogent Education 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1926405.

Yanto, Heri, Norashikin Ismail, Kiswanto Kiswanto, Nurhazrina Mat Rahim, and Niswah Baroroh. “The Roles of Peers and Social Media in Building Financial Literacy among the Millennial Generation: A Case of Indonesian Economics and Business Students.” Cogent Social Sciences 7, no. 1 (2021). https://doi.org/10.1080/23311886.2021.1947579.

Yanto, Heri, Joseph M Mula, and Marie H Kavanagh. “Developing Student’s Accounting Competencies Using Astin’s I-E-O Model: An Identification of Key Educational Inputs Based on Indonesian Student Perspectives.” RMIT Accounting Educators’ Conference 2009 (2011): 1–24.

Yuliani, Prastiwi, and Sucihatiningsih Dwp. “Pengaruh Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas,Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ma Al-Asror Kota Semarang.” Economic: Education Analysis Journal 3, no. 1 (2014): 24–30. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v5i2.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Christyan Dyah Kusumaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

                 JournalStories Main logo   

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

 

View My Stats