Kontribusi Kecerdasan Emosional Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Siti Sarciana Dewija Adu(1*), Ruhut Parningotan Tambunan(2), Yonatan Alex Arifianto(3),

(1) Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga
(2) Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga
(3) Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to identify the contribution of teachers‘ emotional intelligence to students’ learning motivation in primary schools. Emotional intelligence, which includes the ability to recognise, understand and manage emotions, is one of the important elements in creating a positive and supportive learning environment. This study uses a quantitative approach with a survey method to teachers and students in various primary schools. The results show that teachers‘ emotional intelligence has a significant relationship with students’ learning motivation. Teachers who are able to demonstrate empathy, self-control and social skills tend to increase students' enthusiasm for learning, strengthen classroom interactions and create an inclusive atmosphere. The findings provide insights for the development of teacher training strategies to improve their emotional intelligence as a way to foster better student learning outcomes. This research makes a unique contribution by highlighting the importance of teachers' emotional intelligence in the context of primary education, a theme that is relatively under-explored in the field of education research. The study also adds a new dimension to the understanding of how emotional intelligence can directly influence students' intrinsic and extrinsic motivation. This approach helps to enrich the existing literature by building a foundation for the development of emotion-based training for teachers.

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kontribusi kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Kecerdasan emosional meliputi kemampuan mengenali, memahami, dan mengelola emosi merupakan elemen penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung. Dengan pendekatan kualitatif melalui observasi terhadap guru dan siswa di beberapa sekolah dasar, hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional guru berhubungan signifikan dengan motivasi belajar siswa. Guru yang mampu menunjukkan empati, pengendalian diri, dan keterampilan sosial cenderung meningkatkan semangat belajar siswa, memperkuat interaksi kelas, dan menciptakan suasana inklusif. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan pelatihan guru untuk meningkatkan kecerdasan emosional sebagai strategi mendukung hasil belajar siswa. Penelitian ini juga memberikan kontribusi unik dengan menyoroti peran kecerdasan emosional dalam pendidikan dasar—tema yang masih jarang dieksplorasi serta menambah pemahaman tentang pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa. Pendekatan ini memperkaya literatur pendidikan dan menjadi dasar bagi pengembangan pelatihan guru berbasis emosi.


Keywords


Kecerdasan Emosional, Guru, Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Armadani, A., & Arifani, Y. (2024). Peran Guru Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 12(1), 55–64.

Djollong, A. F., Maulina, E., Susilowati, T., Wiliyanti, V., Perdana, I., Masyarakat, P., & Kulitas, D. (2024). Peningkatan Kualitas Kinerja Guru Dalam Menguasai. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5624–5630.

Faizi, M. F. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Islam Babussalam Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 224–234.

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417–428. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1116

Giawa, S., & Telaumbanua, A. (2023). Urgensi Kecerdasan Emosional dalam Menerapkan Model Pembelajaran Demokratis oleh Guru di Era Digital. TEVUNAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 115–136. https://doi.org/10.59361/tevunah.v1i2.9

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence, Penerjemah: T. Hermaya. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamzah B Uno. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Henky Luwis, Isomudin, & Muljadi. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Sekolah Maitreyawira Se-Sumatra. Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.47861/dv.v6i2.51

Iskandar. (2012). Psikologi pendidikan sebuah orientasi baru. Rosda Karya.

Lestari, F. A., Sagala, H. H., & Nurrohman, W. (2023). Literature Review: Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 392–399. https://doi.org/10.56832/edu.v1i3.150

Mangkunegara, A. A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan emosi guru, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2).

Martin, A. D. (2003). Emotional Quality Management. Arga.

Mirnawati, M., Oktavianty, N., Judrah, M., Safaruddin, S., & Akbar, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.106

Nurlaeliah, R., Prasetyo, T., & Firmansyah, W. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Caringin. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 13(1), 37–54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v13i1.5044

Ratnasari, D., Triposa, R., & Arifianto, Y. A. (2022). Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik dan Karakter Nara Didik. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.53547/rdj.v2i2.152

Rizani, D. A., Boleng, D. T., & Hapsari, T. R. (2022). Analisis Karakteristik Peserta Didik Ditinjau dari Perkembangan Motivasi Belajar dan Sosial Emosional. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2022, 3, 47–51.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Sofyani, N., & Susanto, R. (2019). Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) Dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA Di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.

Suci, A., Neldi, H., Syahrastani, & Zulman. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional , Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa di SMP Negeri 17 Padang. Pendidikan Dan Olahraga, 5(9), 34–40.

Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(1), 109–126. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24

Uno, H. B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT Bumi Aksara.

Wisda, W., M, R., & Rosida, W. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 3(2), 68–77. https://doi.org/10.51454/jpp.v3i2.478

Yulika, R. (2019). Pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sengkang. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 252–270.




DOI: https://doi.org/10.47530/jto.v2i1.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Sarciana Dewija Adu, Ruhut Parningotan Tambunan, Yonatan Alex Arifianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Biro Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: https://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/Tikkun-Olam/index

Email Contact: olamtikkun0@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).