Tikkun-Olam

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Tikkun-Olam: Jurnal Penelitian & PKM?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulisan Jurnal Tikkun-Olam, STAK Terpadu Pesat Salatiga memiliki ketentuan yang perlu dipertimbangkan dan dipenuhi oleh para penulis, ketentuan tersebut meliputi:

A. Ketentuan Jurnal

1.     Naskah jurnal merupakan karya asli Penulis dan belum pernah dipublikasikan atau diajukan ke majalah, jurnal, atau penerbit lain.

2.     Naskah yang ditulis untuk Jurnal Tikkun-Olam bersifat ilmiah yang merupakan hasil dari penelitian lapangan atau literatur Pendidikan Agama Kristen. Selain itu, dapat berupa tinjauan buku tetapi hanya topik yang sesuai dengan fokus dan lingkup jurnal Tikkun-Olam.

3.     Naskah yang diajukan menggunakan bahasa Indonesia standar sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia yang diperbarui atau Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

4.     Artikel yang tidak diterbitkan tidak dikembalikan, kecuali atas permintaan dari penulis.

B. Format Jurnal

1.     Naskah ditulis dengan: a. 3.000-5.000 kata menggunakan program Microsoft Word 1.15; b. Huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, pada kertas A4; c. Margin: atas 2,5 cm, kiri 2,7 cm, kanan 2,5 cm, dan bawah 2,5 cm;.

2.     Naskah dimasukkan ke dalam OJS (Open Journal System) Tikkun Olam dan diserahkan dalam bentuk soft-copy ke OJS.

3.     Sistematika penulisan: Judul, Nama Penulis (tanpa gelar), Abstrak (dalam bahasa Inggris dan Indonesia), Kata Kunci (dalam bahasa Inggris dan Indonesia), Isi dapat berbahasa Indonesia atau Inggris berisi Pendahuluan, metode penelitian, pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.

4.     Judul naskah menggunakan huruf kapital dan ditempatkan di tengah (Kapital, Tebal, Tengah) dengan ukuran huruf 14 Times New Roman.

5.     Nama penulis; A. Ditempatkan di bawah judul naskah. B. Penulisan nama tanpa gelar akademik. C. Institusi asal penulis. D. Alamat Email.

6.     Abstraksi: a. Ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia dan tidak lebih dari 150 kata; b. Secara singkat menjelaskan masalah, tujuan, metode, tahapan penulisan, dan kesimpulan; c. Merupakan inti dari isi naskah, menyatakan secara singkat tujuan penelitian, cakupan masalah, metodologi, temuan, dan hasil penelitian; d. Berisi kata kunci yang ditentukan.

7.     Kata kunci (Keywords) dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

8.     Bagian Pendahuluan berisi latar belakang masalah, tinjauan penelitian sebelumnya untuk menunjukkan kebaruan, tujuan pembahasan, dan keunggulan artikel yang ditulis (state of the art).

9.     Bagian metode penelitian membahas penggunaan metode dalam artikel, dan elaborasi variabel penelitian sesuai dengan metode yang digunakan.

10.  Bagian hasil dan pembahasan adalah diskusi penulis tentang temuan yang ingin ditunjukkan dalam artikel terkait dengan penelitian yang dilakukan.

11.  Bagian kesimpulan ditulis dalam 1 paragraf yang berisi: temuan atau kontribusi yang ingin disampaikan penulis, keterbatasan dalam penelitian, dan peluang bagi penulis lain untuk melakukan penelitian terkait dengan hasil studi.

12.  Referensi yang digunakan setidaknya atau mendekati 70% adalah sumber referensi utama, seperti: Prosiding Jurnal, monograf, dan hasil penelitian yang tidak dipublikasikan.

13.  Sumber yang tercantum dalam referensi harus ada di teks utama dengan gaya APA (American Psychological Association) edisi ke-7, dan ditulis menggunakan aplikasi Mendeley.

14.  Semua tulisan direview oleh Reviewer yang ditunjuk oleh Editor sesuai dengan bidang keahliannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan revisi sesuai masukan dari reviewer atau editor.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.