Mengajar Dengan Kuasa dan Visual : Evaluasi Powerpoint Dalam Ibadah Praremaja Citylight Gbi R8
(1) Sekolah Tinggi Teologi Bethel The Way Jakarta
(2) Sekolah Tinggi Teologi Bethel The Way Jakarta
(3) Sekolah Tinggi Teologi Bethel The Way Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
This study was motivated by the low scores on midterm and final exams in the Citylight GBI Rayon 8 youth worship programme, where some children scored below the minimum standard of 70. This raised questions about the effectiveness of the methods used to teach the Word of God, particularly the use of PowerPoint teaching media and the level of creativity of Sunday School teachers/facilitators in delivering the material. The purpose of this study is to determine whether there is a significant relationship between the use of PowerPoint teaching media and facilitator creativity with children's understanding of the Word of God, as measured by mid-term and final exam scores. This study employs a quantitative method with a correlational approach. Data was collected through a 15-item questionnaire using a Likert scale distributed to 64 respondents, who were a sample of the total 175 children. Data analysis was conducted using SPSS software to test validity, significance, and correlations between variables. The results of the study indicate a significant relationship between facilitator creativity in using PowerPoint teaching media and improved children's absorption of the Word of God. Children who participated in worship using engaging and creative teaching media tended to have better understanding and achieved scores above 70. The conclusion of this study emphasises the importance of creative facilitators in supporting the effectiveness of learning God's Word, as well as the need for collaboration between the church and parents in strengthening children's understanding outside the context of Sunday worship.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai tes/ujian UTS dan UAS dalam ibadah Praremaja Citylight GBI Rayon 8, di mana beberapa anak memperoleh nilai di bawah standar minimal 70. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas metode pengajaran Firman Tuhan yang digunakan, khususnya penggunaan media ajar PowerPoint dan tingkat kreativitas guru Sekolah Minggu/fasilitator dalam menyampaikan materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media ajar PowerPoint dan kreativitas fasilitator dengan tingkat pemahaman anak-anak terhadap Firman Tuhan, yang diukur melalui nilai tes UTS/UAS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner sebanyak 15 item menggunakan skala Likert kepada 64 responden yang merupakan sampel dari total 175 anak. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS untuk menguji validitas, signifikansi, dan korelasi antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kreativitas fasilitator dalam menggunakan media ajar PowerPoint dengan peningkatan daya serap anak terhadap Firman Tuhan. Anak-anak yang mengikuti ibadah dengan media ajar yang menarik dan kreatif cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik dan mencapai nilai di atas 70. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya peran fasilitator yang kreatif dalam menunjang efektivitas pembelajaran Firman Tuhan, serta perlunya kolaborasi antara gereja dan orang tua dalam memperkuat pemahaman anak di luar konteks ibadah hari Minggu.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angin, Y. H. P., & Yeniretnowati, T. A. (2021). Deskripsi Serupa Seperti Kristus Sebagai Tujuan Pendidikan Karakter Kristen. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 13–27.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Vol. 2).
Illinois, N. U. (2023). Northtern Illinois University. In Mengajar dengan Powerpoint.
jawaban/anak_muda_. (2020). Rentan tinggalkan gereja lembaga riset barna bilangan riset temukan alasannya,. Jawaban.Com.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran. 1–77.
Sarjono, H. (n.d.). HUBUNGAN IBADAH ONLINE PADA SAAT PANDEMI DAN PELAKSANAAN AMANAT AGUNG BERDASARKAN MATIUS 28:19-20 DENGAN PERTUMBUHAN JEMAAT GEREJA BETHEL INDONESIA JALAN TUPAREV 429B KARAWANG - JAWA BARAT.
Setiawan, D. E., Kriswanto, E. M., Giawa, H., Usior, M., & Hulu, Y. S. (2021). Khotbah Kreatif: Sebuah Usaha Pembinaan Warga Gereja Untuk Menarik Remaja Kristen Bergereja. Davar : Jurnal Teologi, 2(1), 22–23. https://doi.org/10.55807/davar.v2i1.15
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengambangan (Research and Developement/R&D).
Tri Budiarjo. (2019). Merajut Teologi Anak (Susi Tjen (ed.); 2023, cetakan ke 5, Vol. 5). PBMR ANDI.
Vionalita, G., & Ismail, Z. (2022). Validation and Analysis of the Kid-Kindl Questionnaire in Malaysian Primary School Children From the Children’S Perspective. Indonesian Journal for Health Sciences, 6(1), 56–60. https://doi.org/10.24269/ijhs.v6i1.4914
DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v6i1.274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Indah Purwanta, Kornekius Rulli Jonathans, Haryadi Sarjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.