Integrasi Metode Berdiferensiasi dan Media Belajar Pada Pendidikan Agama Kristen Untuk Perkembangan Siswa
(1) Sekolah Tinggi Teologi Injil Arastamar (SETIA) Jakarta
(2) Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
The problems faced include low student learning outcomes, boredom due to conventional methods, and lack of attention to learning needs and readiness. Challenges in differentiated learning also arise in Christian Religious Education, especially in accommodating student differences without sacrificing the core teachings. In addition, the minimal use of innovative learning media and technology makes learning monotonous and less interesting. One-way learning methods also ignore differences in student abilities and interests, thus reducing student motivation and understanding. This article aims to increase understanding of the importance of integrating differentiated learning methods in Christian Religious Education, emphasizing how this approach creates an inclusive learning environment for students with various needs. Through a qualitative literature review, this study analyzes related literature to explore the relationship between learning differentiation and learning media. The results show that differentiation is very important because it allows teachers to adjust learning materials, processes, and outcomes according to students' needs, interests, and learning styles, while learning media plays an important role in increasing student engagement and understanding of Christian faith values.
Abstrak
Masalah yang dihadapi meliputi rendahnya hasil belajar siswa, kejenuhan akibat metode konvensional, serta kurangnya perhatian terhadap kebutuhan dan kesiapan belajar. Tantangan dalam pembelajaran berdiferensiasi juga muncul dalam Pendidikan Agama Kristen, terutama dalam mengakomodasi perbedaan siswa tanpa mengorbankan inti ajaran. Selain itu, minimnya penggunaan media pembelajaran inovatif dan teknologi menyebabkan pembelajaran monoton dan kurang menarik. Metode pembelajaran satu arah juga mengabaikan perbedaan kemampuan dan minat siswa, sehingga menurunkan motivasi dan pemahaman siswa. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya mengintegrasikan metode pembelajaran yang dibedakan dalam Pendidikan Agama Kristen, dengan menekankan bagaimana pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar yang inklusif bagi siswa dengan berbagai kebutuhan. Melalui tinjauan pustaka kualitatif, penelitian ini menganalisis literatur terkait untuk mengeksplorasi hubungan antara diferensiasi pembelajaran dan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi sangat penting karena memungkinkan guru untuk menyesuaikan materi, proses, dan hasil pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa, sementara media pembelajaran memainkan peran penting dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai iman Kristen.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689.
Astitin Masusu, Arruan Lola, Santiana, Z. P. M. (2024). 1 TIMOTIUS 4:12 SEBAGAI DASAR MEMPERTAHANKAN IMAN DI ERA MEDIA SOSIAL TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Astitin. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(4), 147–156.
Bengu, R. T. (2023). ANALISIS PROBLEMA BELAJAR SISWA SEKOLAH UMUM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERDASARKAN PERJANJIAN LAMA DI ERA DIGITAL. S E S A W I: JURNAL TEOLOGI DAN PENDIDIKAN KRISTEN, 5(1), 167.
Carol Ann Tomlinson. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digest. ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education.
Carol Ann Tomlinson. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classrooms. Assn for Supervision & Curric Development (ASCD).
Dany, A., Rifan, H., & Suryandari, M. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(1), 92.
Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 1–13.
Ersandy, M. E. K. B. (2017). Efektivitas Metode Ceramah Dalam Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fikih (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Ips Di MAN Prambon Tahun 2017). STAIN Kediri, 1(1), 13.
Faizi. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846.
Frastati, F. (2014). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di UPT SDN 4 Rembon. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, 9.
Fredimento, A., Muga, R., & Bito, G. S. (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 69. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3393
Frendi Sofyan Zebua. (2024). Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Pidik tentang Firman Tuhan. TEVUNAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 178.
Hamzah. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan: Uji Produk Kualitaitf dan Kuantitatif Proses dan Hasil. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Harianto GP. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini (5th ed.). ANDI.
Idam Ragil Widianto Atmojo, Rukayah, Fadhil Purnama Adi, Ryo Ardiansyah, D. Y. S. (2024a). PEMBELAJARAN BERDIFRENSIASI: Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (M. D. Wijayanti (ed.); 01 ed.). CV. Panjang Putra Wijaya.
Idam Ragil Widianto Atmojo, Rukayah, Fadhil Purnama Adi, Ryo Ardiansyah, D. Y. S. (2024b). PEMBELAJARAN BERDIFRENSIASI (Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka).
Ika Maryani, Enung Hasanah, S. (2024). Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka (D. S. Prasetya (ed.); 1st ed.). K-MEDIA.
Intang Sappaile, B., Nurmalia Sari, M., Mukaddamah, I., Zaini Dahlan, M., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., Selatan, S., Muhammadiyah Sungai Penuh, S., Martadinata No, J. R., Sungai Penuh, K., Sungai Penuh, K., Nusantara Batanghari, I., Gajah Mada, J., Bulian, M., Hari, B., Batang Hari, K., Kusumanegara Jakarta, S., … Timur, J. (2024). Evaluasi Efektivitas Diferensiasi Kurikulum dalam Meningkatkan Prestasi Akademis Siswa di Sekolah Menengah. Journal on Education, 06(02), 13152–13160.
Jenri Ambarita, F. S. S. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFRENSIASI (Anita Candra Dewi (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata.
Kristiani, E., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 197–211.
Kristina Herawati. (2016). Pentingnya Pendidikan Agama Kristen (PAK) Bagi Etiket Pergaulan Anak. SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 2(2), 56–67.
Lufri, Ardi, Relsas Yogica, Arief Muttaqiin, R. F. (2020). METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN (Cetakan Pe). CV IRDH.
Maulidiawati, T., & Darmawan, P. (2024). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 237.
Mazaimi, Z., & Sary, I. (2023). Teknologi Pendidikan Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Tradisional dan Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 73. https://doi.org/10.56854/tp.v2i1.221
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81–91.
Ngaisah, N. C., Al Ayyubi, M., Fajzrina, L. N. W., Aulia, R., Munawarah, M., Fadillah, C. N., & Zohro, N. P. (2023). Permainan Tradisional Kelereng dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 103. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.103-113
Nova Ritonga. (2020). TEOLOGI SEBAGAI LANDASAN BAGI GEREJA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Shanan, 4(1), 34.
Peduk, R. (2016). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi. EUREKA MEDIA AKSARA.
Rahayu, A. (2023). Buku Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis DI (Differentiated Instruction) Kurikulum Merdeka Belajar. In CV. Eureka Media Aksara. EUREKA MEDIA AKSARA.
Rasto, S. J. (2023). MENJADI GURU YANG MENGGERAKAN UNTUK EMYONGSONG INDONESIA EMAS (Masduki Duryat (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata.
Rebong, H. P., & Aprianto, D. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik dengan Model Problem Based Learning ( PBL ) Fase B Kelas 4 SDN 14 Kuala Mandor B. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 5(2), 169–170.
Redhatul Fauzia, Z. H. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1609.
Rinaldus, T. &. (2024). Strategi Diferensiasi Proses dalam Pencapaian Tujuan Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(2), 146.
Samuel. (2024). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP NEGERI 5 MAMASA. PEADA’: JurnalPendidikan Kristen, 5(1), 16.
Saputra, A. (2024). Educatioanl Journal : General and Specific Research MERDEKA Andy Saputra Institut Agama Kristen Negeri Toraja , Indonesia. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(3), 695.
Septa. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 20.
Shance. (2022). Kompetensi Guru Dalam Memahami Gaya belajar. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(2), 180.
Sianipar, G. (2023). Implementasi Mengembangkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 76.
Stepanus & Friska Hasali. (2016). Penerapan Metode Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sd Kristen Kanaan Tangerang. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 43.
Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 172. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448
Sugijanti Supit. (2021). Pembelajaran yang Menghidupkan melalui Metodologi Pendidikan Agama Kristen. IAKPI.
Sumakul, H. I., Tendean, S. V., & Lonto, A. L. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Tumoutou Social Science Journal, 1(1), 90. https://doi.org/10.61476/xy1xwh12
Swandewi, N. P. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Deiksis, 3(1), 55.
Tembang, S. (2023). Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Agama Kristen: Suatu Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Kristen Di Era Industri 4.0. Integrasi Pendidikan Kristen Dengan Isu-Isu Budaya Di Era Industri 4.0, 1(4), 51–82.
Umayrah, A., & Wahyudin, D. (2024). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 1958.
Ummu Jauharin Farida, Linda Indiyarti Putri, H. S. M. (2023). PEMBELAJARAN BERDIFRENSIASI DI SD/MI: Penerapan Strategi Four Me pada Pembelajaran IPAS (Arum Yuliya Lestari (ed.); 01 ed.). Cahya Ghani Recovery.
Veronica Hematang. (2021). Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 2. Pusat Perbukuan.
Warnius Waruwu, E., Thomas Bilo, D., & Penulis, K. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Kristen. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 258.
Wathon, A. (2019). Pembelajaran Berbasis Pengalaman Nyata Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 155-173.
Winarti, P., Sari, F., Jannah, M., Darmanto, J. M., Oka, G. A., Tedy, Rai, G. A., Sari, R., Sukwika, T., & Widayati, S. (2023). Evaluasi pembelajaran. In Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam. CV. Graha Mitra Edukasi.
Yunita, E., Rachmawati, F., & Hilaliyah, T. (2023). Meta Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7499. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2971
Yunus Abidin, Tita Mulyati, H. Y. (2018). PEMBELAJARAN LITERASI: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis (Yunita Nur Indah Sari (ed.); 02 ed.).
DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v6i1.255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 doni doni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.