Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Kesadaran Spiritual bagi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era 5.0

Elfin Warnius Waruwu(1*), Mozes Lawalata(2),

(1) 
(2) Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to analyze the role of Christian religious education teachers in building spiritual awareness for millennials and generation Z in the 5.0 era. In an era marked by rapid technological developments and shifting social values, the role of Christian Religious Education Teachers is becoming increasingly important in helping millennials and Generation Z understand and develop their spiritual dimension. This study uses a literature study by conducting a comprehensive literature review on this topic. The results of the study show that Christian Religious Education Teachers have a significant role in guiding the millennial and Z generations to build spiritual awareness. They provide relevant teaching, facilitate open discussion of spiritual values, and provide inspiring role models. In addition, Christian religious education teachers also use technology wisely to face the challenges and opportunities offered by the 5.0 era.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru pendidikan agama Kristen dalam membangun kesadaran spiritual bagi generasi milenial dan generasi Z di era 5.0. Dalam era yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang cepat dan pergeseran nilai-nilai sosial, peran Guru Pendidikan Agama Kristen menjadi semakin penting dalam membantu generasi milenial dan generasi Z memahami dan mengembangkan dimensi spiritualitas mereka. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan melakukan tinjauan literatur yang komprehensif tentang topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Kristen memiliki peran yang signifikan dalam membimbing generasi milenial dan generasi Z untuk membangun kesadaran spiritual. Mereka memberikan pengajaran yang relevan, memfasilitasi diskusi terbuka tentang nilai-nilai spiritual, dan menyediakan model peran yang inspiratif. Selain itu, guru pendidikan agama Kristen juga memanfaatkan teknologi dengan bijak untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh era 5.0.


Keywords


Role, PAK teacher, spiritual, millennial & Z generation, era 5.0

References


Alfaruqy, M. Z. (2022). Generasi Z Dan Nilai-Nilai Yang Dipersepsikan Dari Orangtuanya. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 4(1), 84–95.

Anwar, A. S., Leo, K., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 melalui Media Sosial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044–3052.

Badri, M. (2022). Pribumi Digital Moderat: Profil Kecakapan Komunikasi Digital Generasi Z. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2), 291–303.

Boiliu, F. M., & Zega, Y. K. (2022). Orangtua dan Guru Sebagai Pengembang Misi Melalui Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shanan, 6(1), 71–88.

David Marsh dan Gerry Stoker. (2021). Metode Komparatif. Nusamedia.

Esther Rela Intarti. (2021). Peran guru pendidikan agama kristen sebagai motivator. Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI, 4(1), 36–46.

Gultom, J. M. P. (2022). Misi Gereja Dalam Pengembangan Praktek Penginjilan Pribadi Dan Pemuridan Generasi Z. Manna Rafflesia, 9(1), 18–36.

Han, C., Mamahit, H., & Panggara, R. (2023). Christlikeness: An Attempt to Build Christian Spirituality for Indonesian Millennial Generation. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 7(1), 23.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

Lumban Gaol, R., & Hutasoit, R. (2021). Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja yang Bertransformasi bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z dalam Era Digital. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 7(1), 146–172.

Mariesta Firdha Aulia, Agung Minto Wahyu, Panji Galih Anugrah, Tutut Chusniyah, G. R. U. H. (2021). Tujuan Hidup sebagai Prediktor Kesejahteraan Psikologi pada Generasi Z. Fakultas Ilmu Psikologi Universitas Negeri Malang, 3(1), 413–423.

Masinambow, Y., & Nasrani, Y. (2021). Pendidikan Kristiani sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 64–81. https://doi.org/10.46494/psc.v17i1.114

Muhammad Ramdhan. (2021). Metodologi Penelitian. IKAPI.

Penta Astari Prasetya, L. S. J. (2023). Kekuatan Karakter pada Remaja Kristen dalam Pergaulandi Era Milenial: KajianPendidikan Agama Kristen yang Menghidupkan. Shanan, 7(1), 45–56.

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Qurban Hajar, Sofyan Syamratulangi, M. S. P. (2022). Peran Teknologi Pendidikan di Era Millenial dalam Membangun Daya Saing Bangsa. JurnalLentera, 1(2), 63–77.

Rumbiak, A. (2021). Teologi Ibadah dan Spiritualitas Generasi Milenial. Jurnal Teologi Amreta, 3(2), 64–100.

Sahita, F. R., Manurung, P. M., Rahman, T. A., Ferdiansyah, M., & Safitri, D. (2022). Trader Crypto Sebagai Perubahan Minat Profesi Generasi Z Di Era Postmodernisme. Jurnal Common, 6(2), 146–155.

Santosa, S. (2021). Urgensi Peran Orang Tua Membangun Kepemimpinan Anak di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 71–88. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.61

SARI, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2), 30–42.

Sidabutar, H., & Munthe, H. P. (2022). Artificial Intelligence dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 76–90.

Simanjuntak, F., Sidabutar, D. L., & Sanjaya, Y. (2020). Amanat Penggembalaan dalam Ruang Virtual. THRONOS: Jurnal Teologi Kristen, 1(2), 99–114. https://doi.org/10.55884/thron.v1i2.6

Sirajul Fuad Zis, Nursyirwan Effendi, E. R. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87.

Siti Fadjarrajani, dkk. (2020). Metodologi Penelitian Pendekatan Multidispliner. IKAPI.

Souhuwat, J. (2020). BELAJAR DENGAN DIALOG (Deep Dialog dan Critical Thiking Sebagai Model Penerapan Pendidikan Karakter). Institutio:Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(2).

Suprihatin, E., Simorangkir, R. F., Willyam, V., & Other. (2023). Kepemimpinan Anak dan Remaja. KBM Indonesia.

Widiatna, A. D. (2020). Transformasi Pendidikan Calon Katekis Dan Guru Agama Katolik Di Era Digital. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 20(2), 66–82.




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v4i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elfin Warnius Waruwu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.