Strategi Pendampingan Remaja Kristen terhadap Pengunaan Gadget di Era Society 5.0
(1) Tk Kristen Tunas Harapan Terpadu, Bulu Awar
(2) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
(*) Corresponding Author
Abstract
The purpose of this study is to examine the mentoring strategies for Christian adolescents in relation to gadget use in the Society 5.0 era, as well as to describe the challenges encountered in implementing these discipleship strategies. Utilizing a qualitative method with instruments such as observation, interviews, and documentation, the study involved Christian adolescents as participants. The findings reveal that mentors conducted discipleship using sermon-based methods and carried out monthly evaluations. However, Christian adolescents were still unable to use gadgets effectively, as evidenced by their tendency to play games during worship services and their lack of attention to the Word of God. These findings indicate that the current discipleship strategies are not yet optimal. Based on these results, a new strategy is recommended for guiding Christian adolescents in their use of gadgets in the Society 5.0 era.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pendampingan remaja Kristen terhadap penggunaan gadget di era society 5.0, serta mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pembinaan tersebut. Melalui metode kualitatif dengan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian melibatkan Remaja Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembina melakukan pembinaan terhadap remaja menggunakan metode khotbah, dan melakukan evaluasi setiap bulan meskipun remaja Kristen masih belum mampu memanfaatkan gadget dengan efektif, terutama terlihat dari kecenderungan remaja untuk bermain game saat ibadah dan kurangnya perhatian pada firman Tuhan. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembinaan yang diterapkan masih belum optimal. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan strategi baru dalam membimbing remaja Kristen dalam penggunaan gadget di era Society 5.0.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B.Simajuntak.I.L Pasaribu. (1990). membina dan mengembangkan generasi muda. Tarsito.
Bambang N.Prastowo. (2022). Informatika sosial, Mengendalikan Teknologi untuk Tatanan Masyarakat yang Lebih Baik. Bhuana Ilmu Populer.
Buana Sari dan Santi Eka Ambayani. (2021). Pembinaan Akhlak Pada Anak Remaja. Nonpedia.
Derry Iswiharmanjaya & Beranda Agency. (2002). Bila Si Kecil Bermain Gadget.
Ezrananta, & A. D. (2016). Hubungan Antara Loneliness dengan Game Addiction pada Remaja di Salatiga. 2016. https://doi.org/https://repository.uksw.edu//handle/123456789/10170
Farida, L. H. (n.d.). Pengaruh Pengajaran dan Persekutuan Terhadap Tingkat Pertumbuhan Rohani Anak dan Remaja. Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristus, No 1, 120.
Hani Subakti, Niimmasubhani,I Putu Yoga Laksana, dkk. (2022). EVALUASI PADA PEMBELAJARAN ERA SOCIETY 5.0. CV MEDIA SAINS INDONESIA.
Haqqi, H. & H. W. (2019). Revolusi Industri 4.0 di tengah 5.0.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa. Remaja Rosdakarya.
Lumi, D, & Ledoh, P. (2021). Strategi Pembinaan Remaja Kristen Dalam Pemanfaatan Gadget Menyongsong Era Society 5.0 Di Jemaat GMIM Imanuel Tokin. Pendidikan Agama Kristen, Vol.2 No.1, 69–94. https://doi.org/http://doi.org/10.51667/djpk.v2i1.571
Mayori, Y. R., & Muanah, B. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Persepktif Ruang Lingkup Sosiologi. Cendekia, 16(2), 9–18.
Nelyahardi Gutji, D. (2021). Pengaruh Pengunaan Gadget dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sman 2 Muaro Jambi. Pengaruh Pengunaan Gadget Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sman 2 Muaro Jambi, 12(1), 187–193. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2181
S, B. (2019). strategi manajemen sekolah. 2, 2.
Santoso, K. (2020). Pendidikan untuk menyambut masyarakat 5.0.
Saskia Nabila, A. K. (2021). startegi pembinaan akhlak siswa di madrasah tsanawiyah negeri. Pendidikan Islam, 1 nomer 4, 543–544.
Suheman, dan M. (2020). Industry 4.0 VS Society 5.0. CV Pena Persada.
Sunarto, S. K. (2016). Information and communication technology. Grasindo.
Suprihatin, E., & Simorangkir, R. F. (2023). Kepemimpinan Anak dan Remaja. KBM Indonesia.
Surjarweni, V. W. (2014). metode penelitian (Yogyakarta). PUSAKABARUPRESS.
Usmaedi. (2021). Education Curriculum for Society 5.0 in The Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79.
Widiasworo, E. (2018). Mahir Penelitian Pendidikan Modern. ed,Atma Sasmita.
DOI: https://doi.org/10.47530/jto.v2i1.240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yuni Sartika, Kariani Giawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by: Biro Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: https://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/Tikkun-Olam/index
Email Contact: olamtikkun0@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).