Penerapan Discovery Learning Dalam Penanaman Nilai Agama Dan Moral Sebagai Upaya Meningkatkan Iman Anak Usia 5-6 Tahun

Dewinta Tabelak(1*), Romini Romini(2),

(1) TK Kristen Imanuel Terpadu
(2) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat, Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract


Early Childhood Education is important for developing teaching and learning activities
to improve attitudes and behavior. For this reason, it is necessary to apply varied
learning methods to help achieve educational goals and one of the methods used for
children to learn independently is the discovery learning method in cultivating Religious
and Moral Values. The discovery learning method is a learning method that helps think critically,
is child-centered and creative with meaningful knowledge in real life. Kindergarten B children's faith
problems include not yet believing that Jesus is God and Savior personally, not being able to pray in their
own words, keeping themselves busy when praying, not participating in group worship activities, not knowing
their religion, not respecting their elders. and does not love friends. Therefore, this research aims to increase
the faith of children aged 5-6 years in the Imanuel Integrated Christian Kindergarten in Jlegong Hamlet,
Ngadikerso Village, Sumowono District, Semarang Regency, Central Java Province by applying the Discovery
Learning method in Planting NAM using the Action Research method. Class (PTK). The research results show that
the discovery learning method in cultivating NAM is able to increase children's faith. The total final result obtained on
children's faith for three cycles and nine actions was 68.74, with the description Developing According to Expectations (BSH).

Pendidikan Anak Usia Dini penting untuk mengembangkan kegiatan belajar mengajar demi meningkatkan sikap dan perilaku.
Untuk itu, perlu menerapkan metode pembelajaran yang bervariatif untuk membantu mencapai tujuan pendidikan dan salah
satu metode yang digunakan agar anak belajar mandiri yaitu metode discovery learning dalam penanaman Nilai Agama dan
Moral (NAM). Metode discovery learning merupakan metode pembelajaran yang membantu berfikir kritis, berpusat pada anak
dan kreatif dengan pengetahuan yang bermakna dalam kehidupan nyata. Permasalahan iman anak TK B yaitu belum percaya
bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat secara pribadi, belum bisa berdoa dengan kata-kata sendiri, menyibukkan diri
sendiri saat berdoa, kurang mengikuti kegiatan beribadah bersama, tidak mengenal agama yang dianut, kurang menghormati
orang yang lebih tua dan tidak mengasihi teman. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan iman anak
usia 5-6 tahun di TK Kristen Imanuel Terpadu Dusun Jlegong, Desa Ngadikerso, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang,
Provinsi Jawa Tengah dengan menerapkan metode Discovery Learning Dalam Penanaman NAM dengan menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode discovery learning dalam penanaman NAM mampu
meningkatkan iman anak. Total hasil akhir yang diperoleh pada iman anak selama tiga siklus dan sembilan tindakan adalah 68,74,
dengan keterangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Keywords


Discovery Learning Method, Religious Values, Moral, Children's Faith

Full Text:

PDF

References


Adhielvra, Gabriela, and Asih Enggar Susanti. “Peran Guru Kristen Sebagai Pemegang Otoritas Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran [The Role of Christian Teachers in Exercising Authority to Improve Discipline in Learning].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 2 (2020): 101.

Afi Parnawi. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama), 2021.

Afria Susana. Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Bandung: Tata Akbar, 2019.

Amruddin, H. dkk. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Publica Indonesia Utama, 2022.

Ananda, Rizki. “Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017): 19.

Anggraini, Denok. “Peningkatan Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 2, no. 2 (2015): 140–149.

Aqib, Z, and A Murtadlo. A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif: Untuk Guru, Dosen, Dan Mahasiswa. Penerbit Andi, 2022.

Athfal, Al, Universitas Islam, Negeri Sunan, and Kalijaga Yogyakarta. “Strategi Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini Strategi Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini,” no. January (2019).

Auvisena, L Sifa, Wardani, Afifah, Salzabila, Annabela, Rahma, Hanifah, B Prastio, and Others. Model-Model Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. Cahya Ghani Recovery, 2024.

Buan, Y A L. Guru Dan Pendidikan Karakter : Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Penerbit Adab, 2021.

Desi Sianipar. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga.” Jurnal Shanan 4 Nomor, no. 1 Maret 2020 (2021): 73–92.

Dr. Warsiman, M P. Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.

Elia, M.P.A.U.D., M P Misbah Liala, and M S Indonesia. Pendidikan Keamanan, Keselamatan Dan Nutrisi Pada AUD. Media Sains Indonesia, 2021.

Eremtrouw Pattinasarany, Semuel Selanno, Wolter Weol. “Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan” 7, no. 5 (2021): 51–55.

Famahato Lase, dkk. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas. yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia, 2022.

Irwan Budiana, dkk. Strategi Pembelajaran. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Karyawati, Lisa. “Veritas Lux Mea.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2020): 57–70.

Khadijah, and Nurul Amelia. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2021.

M, Z A. Teori Dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Deepublish, 2018.

Mukti, Guntur Hari, Victor Deak, Shania Chukwu, and Sayang Tarigan. “Peran Dan Fungsi Orang Tua Kristen Dalam Pembentukan Iman Anak Guntur.” Journal of Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar) 3, no. 6 (2020): 134–139.

Nathanael, Octavianus. “Implikasi Iman Dan Mujizat Di Perjanjian Baru Dalam Perkembangan Gereja Elim Kristen Indonesia.” HAGGADAH: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 42–54.

Nefianti, S P. Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Active Learning Tipe True or False Kelas VII SMPN 05 Lebong. CV. Tatakata Grafika, 2021.

Nggebu, Sostenis, and Yusnoveri Chung. “Ayah Teladan Sebagai Peletak Dasar Iman Anak.” Manna Rafflesia 8, no. 2 (2022): 616–641.

Parnawi, A. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish, 2020.

Poppy Elisano Arfanda. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penerbit NEM, 2024.

Rahardjo, Susilo, and Gudnanto. Pemahaman Individu Teknik Nontes. Prenada Media, 2022.

Salu, Syani Bombongan Rante, and Marsi Bombongan Rante Salu. “Peranan Agama Kristen Dalam Menghadapi Konflik Agama Di Indonesia.” jurnal lembaga MARAMPA 19, no. 2 (2015): 84.

Santosa, Santosa. “Urgensi Peran Orang Tua Membangun Kepemimpinan Anak Di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 71–88.

Simatupang, Evi Nuriyani. “Pengaruh Kompetensi Spiritual Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Siswa.” Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen 18, no. 2 (2020): 170–182.

Sudirman, I N. Modul Karakteristik Dan Kompetensi Anak Usia Dini. Nilacakra, 2021.

Supuwiningsih, N N, R R Rerung, and M S Indonesia. E-Learning Untuk Pembelajaran Abad 21 Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Media Sains Indonesia, 2021.

Sutaryo, M. d. Sungguh Saya Baru Sadar Sekarang. PBMR ANDI, 2021.

Suyadi. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogyakarta: DIVA Press, 2015.

T. Arief Pahlevi Pasha, S.E.M.S., S.E.M.M. Budi Rustandi Kartawinata, M I K Nada Arina Romli, M P Dr. Ir. Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti, S.P.M.M. Estu Mahanani, S.E.M.M. Dr. Darwin Lie, S.E.M.M. Sebastianus Bambang Dwianto, et al. Business and Digital Economy. Media Sains Indonesia, 2022.

Tamba, Paulus Maruli. “Realisasi Pemenuhan Hak Anak Yang Diatur Dalam Konstitusi Terhadap Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum Dalam Proses Pemidanaan.” Jurnal Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (2016): 1.

Tatang, Josep, Victor Deak, Chukwu, Shania, Sihombing, and Dona Noveria. “Peran Logika Dalam Tindakan Iman Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Kekristenan.” of Industrial Engineering & Management Research 3, no. 3 (n.d.): 239–252.

Taufiqur Rahman, S.P.M.P.I., and M P I Khamim Saifuddin. Aplikasi Model-Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara, 2018.

Wardhono, A, and Y Istiana. Prosiding Seminar Nasional 2018 Jilid 4: Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Prosiding Seminar Nasional 2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, 2018.

Wau, Victorius. “Dinamika Pendidikan Agama Kristen Pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Kompetensi Pedagogik Yesus Dalam Injil Matius.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 132–148.




DOI: https://doi.org/10.47530/jto.v1i2.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewinta Tabelak, Romini Romini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Biro Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM) Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: https://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/Tikkun-Olam/index

Email Contact: olamtikkun0@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).